Kamis, 16 Juni 2011

5 CARA MENULIS CERPEN

5 Cara Menulis Cerpen

Menulis cerpen itu mudah. Sama seperti kalau kita berbicara, bercerita, hanya bedanya menulis cerpen adalah bercerita dengan tulisan. Jadi lupakan segala teori penulisan cerpen yang muluk-muluk dan mulailah bercerita…Oke daripada mbulet gak karuan sekarang langsung ke langkah pertama :

1. Nyalakan komputermu, mulailah menulis kata pertama….terserah tidak harus bingung milih kata. Kalau susah cobalah dengan kata… “Pada suatu hari.” .ntar gampang kalau mau di edit.


2. Mulailah dengan sudut pandang orang pertama. Jangan salah, sudut pandang ini sering dipakai oleh novelis besar seperti John Grisham, atau almarhum Michael Crichton yang menelorkan karya Jurassic Park.

Contoh :
Pada suatu hari aku sedang mengetik di kamarku, lalu tiba-tiba Shanti memanggilku, “ Ron, Ronny.., kamu lagi ngapain? “ Aku diam saja sambil membatin “ngapain sih cewek ini gangguin aja” .Aku kembali menulis cerpenku dst

1. Hapus semua kaidah penulisan cerpen yang kamu dapat dari bangku SD sampe kuliah, karena itu hanya menghambat kreatifitasmu, bayangin aja gimana mau nulis kalo aturannya banyak banget, Harus bikin kerangka karanganlah, harus ada idepokoklah, harus EYD lah harus baku kalimatnya, harus tanda bacanya bagus , harus deskriptif. Padahal banyak lho penulis yang menulis gak jelas tapi malah terkenal karena dinggap cerpennya misterius hehehe, padahal mungkin emang lupa ngasih ending..so jangan khawatir. Menulis cerpen dulu mikir belakangan ..
2. Trus gimana bikin cerpen yang bagus? Gak ada ide? halah ..ide itu otomatis selalu ada di kepalamu, gak perlu melamun cari inspirasi, cukup tulis kehidupanmu sehari ini saja.. Coba lihat salah satu syairnya slank..”aku langsung bangun dan bakar rokok..” nah gitu aja jadi lagu terkenal.. coba lihat contoh :

Waduh, aku terlambat kuliah nih. Padahal Jakarta selalu macet. Belum mandi nih, mandi dulu ah.. , Eh lagi asiknya mandi tiba tiba handphoneku bunyi. Gimana nih, terpaksa deh aku keluar dari kamar mandi berlilit handuk masih basah kuyup. Yak, berhasil mencapai handphone dan kuangkat “ halooowww..” ……dst

5. Dah gitu aja, kalo banyak2 malah gak nulis2, selamat berkarya cerpenmaniaaa…, kalo kesulitan kembalilah ke poin 1

12 komentar:

  1. siippppppppppppppppppppppp,,

    BalasHapus
  2. sippp... salam kenal ya Yudith .. :D
    follow my blog ya
    http://lellyana-naturalbeauty.blogspot.com

    BalasHapus
  3. follow my blog yaah
    http://dakwahal-hafizh.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. siip lah,sangat tips sangat bermanfaat,thanks.
    join this site http://ripsukma.blogspot.com

    BalasHapus
  5. visiit my blog plis
    http://ninuk17th.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Rumus menulis cerpen ada tiga: 1. Menulis, 2. Menulis, 3. Menulis. www.pasutrisakinah.com

    BalasHapus
  7. wah matur thank u kawan.....inspirasi tanpa beban,ni,,,,,perlu di coba ....

    BalasHapus
  8. seepppp.. Tq buat inspirasinya ,
    Jgn lupa kunjung balik ya firmanfery7satuwill.blogspot.com

    BalasHapus
  9. numpang kopas

    blog saya : www.diditriadi88.blogspot.com pintu berkunjung dibuka selalu. :)

    BalasHapus