Senin, 31 Mei 2010

Bab I

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi sangat maju dengan cepat dan pesat, terutama perkembangan yang terjadi di dunia Internet. Internet sangat berguna bagi kehidupan manusia baik untuk berkomunikasi ataupun untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Banyak hal yang turut berkembang dengan adanya internet, salah satunya adalah pendidikan. Dunia pendidikan di zaman sekarang banyak yang mengandalkan internet baik untuk mendowndload ataupun membrowsing tugas yang diberikan kepada siswa, hal ini telah mencetuskan ide lahirnya Elearning yang diharapkan bisa memberikan perkembangan lebih bagi dunia pendidikan. Elearning juga akan memberikan nuansa berbeda, dengan dilengkapi oleh penggunaan sistem jaringan ( Network ) untuk menciptakan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Elearning adalah proses pembelajaran efektif yang diciptakan dengan cara menggabungkan konten yang disampaikan secara digital dengan jasa dan sarana pendukung pembelajaran.

Seringkali siswa bermasalah terhadap pembelajaran yang diberikan secara monoton di kelas maupun di rumah , hal ini yang menyebabkan motivasi belajar maupun pemahaman materi menjadi berkurang dan sulit akibat rasa jenuh dan bosan sudah timbul terlebih dahulu. Terlebih bagi anak – anak yang masih memiliki jiwa bermain dibandingkan dengan belajar. Hal ini menjadi salah satu kesulitan yang dialami guru maupun orang tua di dalam mengatasinya.

Seiring berjalannya waktu dimana teknologi yang ada semakin berkembang, kini sistem pembelajaran yang akan digunakan harus dipersiapkan dengan baik dan menarik sehingga siswa menjadi bersemangat kembali untuk belajar, salah satyu yang efisien adalah dengan menggabungkan adalah dengan menggabungkan sistem pembelajaran dengan sebuah permainan. Tentunya permainan tersebut mengarah pada pembelajaran yang akan diberikan. Dengan sistem pembelajaran seperti ini diharapkan materi yang diberikan dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa.

Pembelajaran berbasis multimedia telah berperan penting, karena dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan menarik serta tidak membosankan bagi siswa. Sistem pembelajaran seperti ini telah disambut baik oleh siswa maupun orang tua, terutama bagi yang ingin mengembangkan pembelajarannya secara mandiri.

Penulisan Ilmiah ini, ingin membuat sebuah pembelajaran secara Elearning dengan menggunakan aplikasi Software Macromedia Flash, untuk meningkatkan kualitas dan minat belajar terhadap aritmetika kepada siswa kelas 1-2 SD, yang dapat menunjang proses pembelajaran agar tidak membosankan dan juga dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan efisien.

1.2 Batasan Masalah

Di dalam Penulisan Ilmiah ini dibatasi untuk masalah program Elearning dengan hanya berisi pembelajaran aritmetika dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan bilangan kurang dari 100, bagi siswa kelas 1-2 SD. Selain itu penulisan ini menggunakan system jaringan offline bukan system jaringan online dan penyebarannya hanya melalui CD saja.

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan dari Penulisan Ilmiah ini :

1. Untuk membuat program aplikasi yang berisikan materi pembelajaran aritmetika yang menarik dan tidak membosankan bagi siswa kelas 1-2 SD.

2. Untuk membantu memotivasi siswa kelas 1-2 SD dalam belajar aritmetika, sehingga menjadi mudah dipahami dan dimengerti.

3. Untuk membantu orang tua dalam mengatasi semangat belajar anak.

1.4 Metode Penelitian

Dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Metode

studi pustaka yang dilakukan adalah dengan cara mempelajari, mencari, dan

membaca dari referensi buku-buku serta melihat contoh program yang berhubungan

dengan penulisan ilmiah ini.

1.5 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan, bab ini membahas tentang latar belakang masalah penulisan

ini, maksud, tujuan, batasan masalah serta metode penelitian dan sistematika

penulisan ilmiah yang digunakan oleh penulis.

Bab II Landasan Teori, bab ini membahas tentang dasar-dasar yang digunakan

dalam penulisan ilmiah ini, dimana banyak terdapat pada buku-buku yang membahas

tentang Macromedia Flash Mx.

Bab III Pembahasan, bab ini merupakan bab yang berisikan tentang pembahasan

masalah yang dihadapi. Dimana agar dapat menampilkan sebuah tampilan yang

sederhana, menarik dan tidak sulit dalam pengerjaannya.

Bab IV Penutup, bab ini penulis menyimpulkan hasil dari penulisan ilmiah yang

telah disesuaikan dan mengharapkan saran atas penulisan ilmiah ini.

PDFe Penulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar